Minggu, 20 Maret 2011

WAWANCARA EKSCLUSIVE DENGAN MUSISI

            Hai sobat-sobat Blogger seluruh Indonesia, akhirnya setelah beberapa hari berpusing-busing sekarang Sha bisa posting artikel lagi untuk sobat sekalian. Okay....dalam rubik bertajuk MAESTRO ini Sha akan mengangkat sisi balik seorang musisi yang sekarang tinggal di Kab. Klaten  Jawa Tengah. Mungkin masyarakat belum begitu mengenal sosok berikut ini, namun pengalaman hidup dan liku-liku kehidupan musiknya sungguh membuat kita tercengang. Berikut ini penuturannya yang terangkum dalam wawancara dengan Sha.



SIAPA NAMA LENGKAP ANDA?
*Tris Kusuma, Aku dulu lahirnya di Manggar Belitung Sumatra Selatan (sha: Siapa yang tanya ya?? wkakakakakakak)

SEJAK KAPANKAH ANDA BERKECIMPUNG DI DUNIA MUSIK?
*Wah....itu sih sejak di dalam perut ibuku aku sudah tau kalau ayahku seorang pemusik (soalnya aku sering dikirim mikrofon ayah sejak dalam kandungan ibu ckakakaak)
jadi ya sudah jalurnya aku nanti menjadi pemusik. Nah.. ketika aku lahir di dunia yang pertama kali ku dengar adalah suara ADZAN dan suara Musik. Ketika aku berumur 10 th entah mengapa bakat dan kemauan belajar musik kuat sekalli memacu ambisiku meskipun aku hanya OTODIDAK tanpa guru. Aku mulai hanyut dalam belajar musik, ternyata bakat sangat mendukung. Dengan drastis sekali apa yang aku inginkan dapat ku pelajari dengan mudah dan cepat. Seperti misal: melodi gitar, bas, drum, keybord, dan saxsofon. tanpa terasa usia mulai bertambah, selama itu aku terus ikut tampil dengan teman-teman dari panggung ke panggung, ternyata memang benar pepatah mengatakan PENGALAMAN DI PANGGUNG ADALAH JAM TERBANG YANG BAIK untuk pemusik seperti aku ini, kan aku pemusik ULUNG( Untung Lu NGejob terus...ckakakakaakakakakak :D  ).
           Walaupun aku penggila dunia musik, tapi Alhamdulillah aku bisa meneruskan sekolahku sampai ke tingkat STM.Aku ambil jurusan mesin nah aneh nggak seorang lulusan STM kan harusnya jadi insinyur bukan musisi....wkkwkkwwkwkkwkkw (( sha:ini yang sha juga ikutan ngakak ngetiknya-ternyata bapak-bapak satu ini kalau udah mau ngomong waaah panjaaaaaaaang bgt....))
           Begitulah sampai sekarang ini aku hidup dengan musik, makan juga makan musik...eh maksudnya makan dari musik, cinta juga dengan musik jadi MUSIK ADALAH DARAH YANG MENGALIR DI TUBUHKU SETIAP SAAT SAMPAI DIA BERHENTI DENGAN SENDIRINYA. Hanya saja seorang pemusik selalu diikuti oleh NASIB BAIK atau NASIB JELEK (sha: perasaan bukan cuma pemusik aja deh ya... ckakakakakakakakaka :D ) hanya Tuhan yang tau, ya nggak????  ( sha: heleh malah curhat hm...hm...hm...)

JENIS MUSIK APAKAH YANG ANDA TEKUNI?
*Terus terang saja akua dalah penggila musik-musik : pop, jazz,keroncong, ini benar-benar aku tekuni dan aku kusai dengan baik. Hanya karena tuntutan masyarakat yang mengharuskan kita menjadi seorang pemusik yang ALLROUND atau SEMUA JENIS MUSIK jadi aku harus mampu membawakan musik musik yang disukai masyarakat, tidak terbatas dengan apa yagn ku gilai. Misalnya mayoritas dangdut ya aku ikut dooooonk....

APAKAH SUKA DAN DUKA SELAMA ANDA MENGELUTI DUNIA MUSIK?
*Sebenarnya apa yang terjadi di dalam kehidupan seorang pemusik tergantung pada pribadi masing-masing untuk mengartikan apa itu artinya musik.SUKA tidak ada...karena seorang peusik tidak pernah menghibur dirinya sendiri. Pengorbanannya hanyalah untuk penggemar-penggemar musik, yang mana dia harus benar-benar menyajikan musik yagn baik untuk di dengar, jadi CAPEK DEEEEEEHHHHHHHH....... honor berapa dooooooonk...( sha : kalau honornya besar ya suka ya....???) sedangkan DUKA nya adalah resiko, apalagi jika sudah berkeluarga. Banyak sekali godaan yang harus kita hadapi, misalnya keuangan (honor), wanita(ini yang terberat...)

((sha : wah apa itu???)) 

ALAT MUSIK APA SAJA YANG BISA ANDA MAINKAN?
*Melodi (gitar), Bas (gitar), keyboard, drum, saxsophone

BAGAIMANA ANDA MENEMPATKAN MUSIK DALAM KEHIDUPAN ANDA?APAKAH UNTUK MENGEJAR MATERI, UNTUK KEISENGAN BELAKA ATAU BAGAIMANA?
*Dari mulai aku bermusik aku tidak pernah punya  pikiran untuk iseng -iseng karna aku punya motto WAKTU AKU BELAJAR AKU SANGAT MEMERLUKAN MUSIK TAPI SETELAH AKU BISA MUSIK HARUS MEMERLUKAN AKU (sha : wah sama aja doooonk komersil......ckckkkckc)

APAKAH KELUARGA ANDA MENDUKUNG ANDA?
*Ya, semua keluarga mendukung

ARTIS SIAPA SAJA YANG PERNAH ANDA IRINGI?
*Betharia Sonata, Bop Tutupoli, Diana Nasution, Vina Panduwinata, Titik Puspa, Djadja Mihardja, Mega Mustika, Evie Tamala, dan banyak lagi lah yang tidak bisa di sebutkan satu-satu.

BAGAIMANA PERASAAN ANDA SAAT MENDAPAT KESEMPATAN MENGIRINGI MEREKA?
*Senaaaang sekali dan dheg-dheg gan.

BAGAIMANA PENDAPAT ANDA TENTANG USISI MUDA INDONESIA SAAT INI?
*Mereka bagus untuk kreatifitas, dan sebagai musisi pemula di Indonesia mereka cukup berpotensi hanya satu pesan saja jadilah pemusik sejati.

APAKAH PESAN -PESAN ANDA UNTUK MUSISI MUDA INDONESIA?
*Jauhi narkoba, minum-minuman keras,pergaulan bebas / free seks. karena semua itu nggak ada gunanya, percayalah bahwa hanya penyesalan menanti kalian jika kalian nekad melakukan hal hal yang bisa merugikan kalian.

APAKAH ANDA MEMPUNYAI PESAN LAIN?
*Ya, untuk :
Saharudin Salam
Wargono Jaya Saputra
John Sugeng 
Ruswandi Sugeng ((semua dari Bangka Belitung))
Untuk adik tercinta Totok  Sugiharto Kusuma Nusantara
Untuk anak-anak ku yang selalu ku rindukan Rendra dan Andri Kusuma


             Ya, demikianlah akhir dari wawancara dengan musisi kita, ((jadi terharu)) semoga beliau lekas diberi kesempatan untuk kembali berkumpul dengan keluarganya, dan untuk Andri dan Rendra Kusuma jika membaca ini mohon untuk lekas menghubungi SHANTYKA's BLOG. Semoga postingan kali ini dapat memberikan inspirasi pada sobt semua. Salam hangat Sha....


 


0 komentar:

Posting Komentar

TINGGALIN COMMENT NYA YACH....
THANK YOU..

sAhaBat-SAhabAT sHaNtYka

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009